Connecting The Dots

0
267

Sebelas tahun yang lalu, akses internet di Indonesia tidaklah semudah sekarang. Warung internet masih laku dimana-mana, dan berlangganan paket internet untuk Blackberry adalah sebuah kemewahan. Saya memiliki privilige tersendiri ketika saya berhasil “memaksa” orang tua saya untuk berlangganan paket internet speedy yang masih jarang dimiliki oleh sebuah keluarga di rumahnya.

Internet adalah sebuah kemewahan bagi saya. Saya banyak menemukan dan belajar hal-hal baru melalui internet. Tidak banyak yang mengetahui dan menggunakan platform Youtube seperti saat ini. Ketika itu melalui Youtube, saya menemukan suatu video yang sangat berkesan bagi saya saat itu dan juga hingga sekarang.

Video tersebut adalah video pidato dari Steve Jobs. Pidato ini diberikan oleh Jobs ketika beliau diundang oleh Stanford University pada acara wisuda mahasiswa-mahasiswa disana. Begitu berkesannya pidato ini bagi saya, sehingga beberapa tahun berselang saya masih sering menonton ulang pidato ini berulang kali hingga sampai saat ini.

Salah satu pesan Jobs yang sangat mengena di hati saya adalah bahwa hidup ini adalah perjalanan dalam menemukan titik (peristiwa). Titik-titik ini pada masa itu tidak akan bisa kita mengerti apa maknanya. Titik-titik tersebut akan dapat kita mengerti belasan tahun hingga puluhan tahun di depan.

Jobs bercerita bagaimana dia drop out dari kuliah karena tidak memiliki banyak ketertarikan di bidang kuliah yang diambil. Akan tetapi dia mengatakan ada satu kelas yang dia minati yaitu kaligrafi. Disini dia belajar bagaimana menyusun bentuk tulisan yang baik dan indah. Dia tidak tahu apa gunanya mempelajari hal tersebut saat itu. Sekian tahun berselang, ilmu kaligrafi yang dia dapat menjadi dasar dalam menyusun tulisan pada Macintosh miliknya.

Pada bagian lainnya Jobs juga bercerita ketika dia dipecat dari Apple, perusahaan yang didirikannya sendiri ketika dia berumur 30 tahun. Hal ini menyebabkan dia kembali ke titik nol, tidak memiliki apa-apa. Dia kemudian membangun dari awal 2 perusahaan yaitu NeXT dan Pixar. Pixar kemudian sukses menjadi salah satu studio animasi terbaik di dunia. Sedangkan NeXT dibeli oleh Apple, dimana sistem dari Next kemudian menjadi salah satu pilar kebangkitan dari Apple.

Ada beberapa hal lainnya yang bisa dipelajari dari pidato Jobs. Akan tetapi quote yang paling berkesan bagi saya adalah sebagai berikut ini:

You can’t connect the dots looking forward. You can only connect them looking backwards.

You have to trust that the dots will somehow connect in your future.

You have to trust in something. your gut, destiny, life, karma, whatever.

because believing that the dots will connect down the road will give you the confidence to follow your heart.

even when it leads you off the well worn path and that will make all the difference.

Bagi teman-teman yang ingin menonton video tersebut, dapat menonton melalui tautan dibawah ini. Percayalah bahwa teman-teman tidak akan menyesal menghabiskan 15 menit yang berharga dengan menonton video ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here